Sun. Feb 25th, 2024

TEMPO.CO, Bandarlampung – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan masyarakat yang masuk dalam kelompok penerima manfaat untuk menggunakan bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai atau BLT BBM dengan bijak. 

“Ini jangan dipakai untuk beli telepon selular atau baju baru. Tapi untuk modal usaha, membayar sekolah juga boleh jadi harus digunakan dengan baik,” kata Jokowi saat berdialog dengan warga penerima manfaat di Bandarlampung, Sabtu, 3 September 2022.

Jokowi lalu menjelaskan rincian bantuan yang diberikan saat itu. “Hari ini ada bantuan dengan nilai Rp 1,2 juta, lalu ada BLT BBM isinya Rp 300 ribu dan bantuan sembako untuk dibagikan,” katanya.

Advertisements

Dengan adanya sejumlah bantuan itu, kepala negara berharap sedikit beban masyarakat bisa diringankan.

Salah satu penerima bantuan di Kota Bandarlampung, Susilowati, berterima kasih atas bantuan tersebut. “Sudah terima langsung di Kantor Pos tadi bantuannya, terima kasih sekali sudah memberikan ini,” tuturnya.

Ia menyatakan bantuan itu nantinya digunakan untuk menambah modal membeli keperluan di warung miliknya. “Tadi sudah dapat pesan dari Presiden kalau harus digunakan dengan baik, jadi ini rencananya untuk modal warung supaya tambah banyak barang di warung,” katanya.

Menteri Sosial Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan pihaknya siap menyalurkan BLT BBM ke 18,4 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dari total 20,6 juta KPM. “Dari rencana 20,6 juta KPM itu, sudah siap salur di PT Pos Indonesia 18.486.756 KPM. Sisanya sedang proses cleansing (koreksi data),” ujarnya di Istana Merdeka/

Koreksi data, kata Risma, dilakukan karena merespons perubahan jumlah penerima bansos. “Karena seperti kita ketahui, misalnya kita mengumumkan hari ini, jam ini, 1 jam atau beberapa menit kemudian ada (potensi penerima) yang meninggal. Jadi, kami perlu mendata lagi, masih ada 313.244 KPM,” tuturnya.

Selanjutnya: Masyarakat bisa mengusulkan diri masuk dalam KPM untuk menerima BLT.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *