Thu. Jun 13th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – GudangAda dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membantu 15 ribu koperasi untuk memanfaatkan teknologi digital guna mengembangkan bisnis. GudangAda adalah platform penyedia layanan ekosistem business to business atau B to B. 

Nantinya, belasan ribu koperasi itu akan mengadopsi sistem teknologi digital GudangAda. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan kolaborasi antara pemerintah dan penyedia layanan platform digital harus terus dilakukan.

Upaya ini dapat membantu pelaku UKM hingga koperasi meningkatkan kinerjanya. “Momentum pasca-pandemi ini tentunya harus dimanfaatkan oleh sejumlah pemangku kepentingan untuk mendukung bisnis UKM yang merupakan salah satu pilar strategis dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujar Teten dalam keterangannya pada Rabu, 21 September 2022.

CEO GudangAda Stevensang mengatakan bisnis UKM yang sehat perlu terus dikembangkan dalam sebuah ekosistem digital yang inklusif. Adapun untuk membangun ekosistem yang inklusif itu, ia menuturkan perlu sinergi dan partisipasi semua pemangku kepentingan. 

“GudangAda menghadirkan beragam program edukasi demi memastikan mitra koperasi dan bisnis UKM dapat memanfaatkan solusi digital secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan skala bisnis,” katanya. 

Untuk mendorong digitalisasi UKM, GudangAda menawarkan dua aplikasi yang saling terintegrasi, yakni aplikasi GudangAda dan GudangAda Solusi. Aplikasi GudangAda dapat digunakan untuk menghubungkan pedagang UKM dengan beragam potensi bisnis dalam sebuah digital marketplace.

Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi GudangAda Solusi yang membantu pedagang UKM mengelola manajemen stok dan harga, laporan transaksi jual beli, laporan laba rugi, pencetakan struk, dan manajemen pelanggan serta karyawan. Melalui kolaborasi yang dilakukan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan GudangAda, Stevensang berharap manfaat digitalisasi UKM bisa dirasakan secara menyeluruh dan merata.

DEFARA DHANYA PARAMITHA

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *