Fri. Jun 14th, 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – Kentucky Fried Chicken atau KFC menjadi salah satu restoran fast food yang paling digemari di dunia. Restoran dengan spesialisasi ayam goreng ini telah berdiri kokoh selama 92 tahun dengan jutaan gerai yang tersebar di berbagai penjuru bumi.

Kelezatan ayam goreng KFC bahkan membuat banyak orang ingin mengetahui resepnya. Sayangnya resep tersebut tidak pernah bisa dipecahkan, bahkan banyaknya gerai tiruan ayam goreng crispy tidak dapat menyamai rasa otentik ayam KFC.

Namun, baru-baru ini rahasia kenikmatan ayam goreng KFC terungkap setelah salah satu pelanggan tak sengaja menemukannya. Melansir dailymail.co.uk (14/09), wanita asal Selandia Baru itu membagikan foto bumbu berlabel ‘Colonel Sanders’ Resep bumbu Kentucky Fried Chicken’.



Seperti bumbu kemasan pada umumnya, dalam bumbu KFC ini juga tertulis bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selain ragam bumbu herba dan rempah-rempah rahasia, rupanya ada bahan penyedap yang kontroversial yaitu MSG (monosodium glutamat).

Melihat bumbu rahasia tersebut, wanita yang menemukannya ini terkejut dan kecewa. Dia pun menunjukkan ketidaksenangannya dalam unggahan media sosial tersebut. “Ini seperti garam di atas retakan,” tulisnya dalam unggahan Facebook.

Lantas unggahan Facebook miliknya itu juga memicu perdebatan di antara para netizen yang melihatnya. Sebagian orang terkejut mendengar fakta bahwa bumbu yang selama ini digunakan oleh ayam KFC adalah MSG. Namun sebagian lainnya merelakan hal itu karena KFC hanya menambahkannya dalam jumlah tak terlalu banyak.

Sepertinya kebanyakan orang Barat memang tidak terbiasa dengan penambahan MSG pada makanan mereka. Karenanya ketika mereka melihat resep ini cukup membebankan pikiran. Banyak orang rupanya masih mempercayai mitos tentang dampak buruk MSG.

Seorang netizen pun turut berkomentar bahwa MSG tidak masalah digunakan sebagai penyedap dalam jumlah sedang. Cita rasa umami yang dihasilkan memang dapat melezatkan masakan.

“Saya telah membaca beberapa artikel mengenai MSG atau sindrom restoran China. Banyak dari mereka menyerang komunitas atau etnis China dan itu sangat rasis! MSG tidak masalah digunakan dalam jumlah sedang! Penyedap umami adalah hal yang sama,” pungkasnya sebagai respon.

Menanggapi hal ini, Manajemen KFC mengakui penggunaan MSG dalam bumbu ayam gorengnya. Namun, mereka memastikan penggunaan mecin dalam bumbu berada di takaran yang aman.

“Beberapa makanan kami memang mengandung MSG tapi tak perlu khawatir, penggunaan MSG hanya pada tingkat yang aman untuk populasi umum,” kata perusahaan ayam goreng itu di situsnya.

“Ini adalah penambah rasa yang diakui yang juga ditemukan secara alami dalam makanan seperti daging, ikan, susu, sayuran, buah-buahan dan keju.”

Lembaga pengawas makanan di Australia Selandia Baru telah melakukan penelitian tentang MSG selama empat dekade dan menyimpulkan bahwa bahan makanan itu aman.

Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) meninjau keamanan MSG pada tahun 2003 dan menyimpulkan ‘tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa MSG merupakan faktor signifikan dalam menyebabkan reaksi sistemik yang mengakibatkan penyakit parah atau kematian’,” kata badan itu di situsnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Singapura ‘Kiamat’ Ayam, Apa yang terjadi?


(RCI/dhf)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *