Thu. Jun 13th, 2024

TEMPO.CO, Batam – Penghuni apartemen Pollux Habibie Batam berhamburan keluar setelah mengetahui terjadi kebakaran di tower empat, Rabu malam, 12 Oktober. Meski penghuni hanya berada di menara 1 dan 2, mereka tetap merasa cemas.

Sari, seorang penghuni gedung apartemen, tampak keluar dari tower 1 Pollux Habibie. Kepada Tempo, ia mengaku kaget setelah mendengar ada insiden kebakaran di apartemennya. “Saya tahu ada kebakaran dari media sosial,” kata Sari, katanya pada Rabu petang. 

Awalnya, Sari tidak mengetahui ada kebakaran. Namun ia mendengar bunyi serinai. “Saya di lantai tujuh, tower 1, pas lihat kiri kanan tidak ada nampak mobil kebakaran,” katanya.

Setelah itu, ia pun kembali tidur. Selang beberapa menit, ponselnya berdering. Kawan-kawan Sari memberitahukan terjadi kebakaran. “Saya langsung kaget, dari baju tidur ganti pakai ini langsung turun,” katanya. Sari langsung turun ke bawah melalui lift

Sari melanjutkan, ia sudah menanyakan perihal kebakaran ini kepada pihak Pollux Habibie. “Mereka bilang sudah aman, tetapi pemadam kebakaran masih berada disini, jangan tipu-tipu kamilah, saya masih belum berani naik,” katanya.

Begitu juga dengan penghuni lain. Seorang penghuni apartemen yang yang enggan diebutkan namanya justru mendengar kabar kebakaran itu dari orang asing. “Tidak ada yang memberitahu dari pihak apartemen kalau terjadi kebakaran,” kata penghuni itu. 

Baca juga: Forum G20, Sri Mulyani Soroti Masalah Pupuk dan Dampaknya ke Krisis Pangan 8-12 Bulan Mendatang

Ia melanjutkan, saat turun di lantai paling bawah lampu apartemen, tiba-tiba padam. “Untung tidak padam ketika saya di lift,” ujarnya yang masih berada di luar apartemen bersama anaknya. Terlihat wanita ini membawa tas kecil.

Petugas  BP Batam, Rizwan, mengatakan, api terus menjalar ke bagian bawah tower melalui pipa yang terdapat di bangunan. “Pemadam kebakaran sudah sampai ke atas,” katanya. 

Saat dikonfirmasi ke Deputi GM Pollux Habibie Baskoro, ia mengatakan pihaknya sudah memberi tahu kebakaran kepada penghuni yang lain melalui broadcasting. “Sudah kita sampaikan,” katanya.

Sampai saat ini, kata Baskoro, tampak tidak ada lagi titik api. “Kita akan evaluasi ini, penyebab kebakarannya apa,” katanya. Sampai berita ini diturunkan, api terlihat sudah padam. Tujuh mobil pemadam kebakaran masih berada dilokasi. Tower empat yang terbakar ini masih dalam progres pembangunan. Tidak terdapat penghuni.

YOGI EKA SAHPUTRA

Baca juga: Ancaman Resesi Global, Bos IMF: Indonesia Tetap Menjadi Titik Terang

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *