Sun. Feb 25th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan sejumlah strategi pemerintah untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional di tengah ancaman resesi tahun depan. Ia berujar, pemerintah telah mempersiapkan strategi transisi aktivitas ekonomi seiring dengan penurunan kasus pandemi.

“Pemerintah telah mengalokasikan anggaran PEN (pemulihan ekonomi nasional) 2022 sebesar Rp 455,6 triliun yang difokuskan untuk penanganan kesehatan, perlindungan masyarakat, dan penguatan pemulihan ekonomi,” kata dia. 

Adapun untuk mencapai target pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, Airlangga mengklaim pemerintah telah berupaya mengimplementasikan pelbagai strategi. Caranya melalui reformasi struktural Undang-Undang Cipta Kerja dan percepatan digitalisasi. 

Advertisements

Baca juga: Rupiah Lanjutkan Pelemahan, Kini Tembus 15.474 per Dolar AS

Upaya lainnya yang tengah dilakukan pemerintah, kata dia, adalah pemberantasan kemiskinan ekstrem, hilirisasi industri berbasis prinsip ekonomi hijau, serta optimalisasi Lembaga Pengelola Investasi (LPI)/INA yang diarahkan ke sektor energi terbarukan. Sementara itu, langkah deregulasi perizinan berusaha berbasis risiko (OSS-RBA), kata dia, pun terus dilakukan guna menjadi game changer dalam mendorong peningkatan investasi.

Airlangga mengimbuhkan, pemerintah sedang berupaya mengembangkan electric vehicle (EV). Tujuannya untuk hilirisasi komoditas dan sebagai percepatan transformasi menuju teknologi hijau. Strategi pengembangan yang dilakukan ialah dengan menjaga ketersediaan bahan baku untuk industri hilir.

Pengembangan yang berkelanjutan, menurutnya, juga dapat meningkatkan investasi guna pengembangan rantai nilai baterai EV secara end-to-end. Ia menuturkan optimisme pemulihan perekonomian nasional tetap terjaga meski di tengah gejolak tantangan global saat ini.

“Saya berharap seluruh pelaku mendukung kebijakan pemerintah, dan pemerintah akan terus mendorong untuk meningkatkan kerja sama dengan pihak swasta,” kata Airlangga.

RIANI SANUSI PUTRI

Baca juga: Resesi Global di Depan Mata, Instrumen Investasi Apa yang Aman?

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *