Sun. Apr 21st, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terpopuler ekonomi dan bisnis pada Kamis, 27 Oktober 2022, dimulai dari daftar terbaru tambahan 65 obat sirup yang aman dikonsumsi menurut BPOM.

Berikutnya ada berita tentang rupiah yang melemah tipis dan sederet sektor usaha yang diperkirakan tahan saat resesi tahun depan. Lalu ada berita tentang perintah Bulog ke Jokowi untuk membeli beras petani dengan harga berapa pun dan ekspor tekstil menurun meski belum resesi.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut.

Advertisements

1. Daftar Terbaru Tambahan 65 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi Menurut BPOM, Kini Total Ada 198 Obat

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada hari ini mengumumkan tambahan 65 obat sirup yang aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pelarut yang dikaitkan dengan pemicu gagal ginjal akut pada anak seperti dietilen glikol (DE) dan etilen glikol (EG).

Dengan begitu, 65 obat tersebut menambah daftar berisi 133 obat sirup yang sebelumnya dirilis BPOM sebagai obat yang aman dikonsumsi sesuai aturan pakai. Total saag ini berarti ada 198 obat sirup yang BOPM nyatakan aman.

Kepala BPOM Penny Lukito menyatakan sebanyak 198 daftar obat sirup itu tak mengandung propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin atau gliserol. Empat larutan tersebut dikaitkan dengan pemicu gagal ginjal akut pada anak.

Simak lebih jauh tentang BPOM di sini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *