Wed. May 29th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johny Gerard Plate menyatakan migrasi siaran TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO) akan berdampak terhadap peningkatan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Dampak ini timbul sebagai rambatan ekonomi hasil efisiensi pasca-refarming digital 112 MHz dalam spektrum frekuensi 700 MHz. 

“Menurut Boston Consulting Group, dampak ke PNBP pada kisaran Rp 7 triliun per tahun atau lebih dari 70 triliun, sekitar 77 triliun per 10 tahun masa lisensi,” ujar Johnny dalam tayangan YouTube, Kamis, 3 November 2022. 

Pemerintah resmi menghentikan siaran TV analog di sejumlah daerah, termasuk Jabodetabek, pada Rabu, 2 November 2022. Johnny menuturkan masyarakat akan mendapatkan pelbagai manfaat langsung dari penerapan ASO.

Ia merinci manfaat tersebut mencakup tayangan yang lebih jernih dan canggih, suara yang lebih bersih, dan pilihan konten yang beragam. Sedangkan dari sisi industri, Johnny mengatakan ASO akan meningkatkan proses intensifikasi dan ekstensifikasi tata kelola spektrum menjadi jauh lebih efisien.

Baca juga: Mahfud MD Yakin Migrasi TV Analog ke Digital Tak Akan Timbulkan Gejolak di Masyarakat

Spektrum yang dihasilkan dari proses migrasi siaran televisi pun bakal menjadi fondasi pengembangan digitalisasi selanjutnya, seperti jaringan 4G menjadi 5G. Selain itu, Johnny hakulyakin proses migrasi siaran TV analog ke TV digital akan membuka 232 ribu lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Bagi produk domestik bruto (PDB), ASO akan memberikan kontribusi sebesar Rp 448 triliun. Namun, Johnny memprediksi sumbangan terhadap PDB bisa lebih lebih besar melalui penetrasi digital. 

Sekretaris Jenderal Partai NasDem itu berharap seluruh lembaga penyiaran mau bekerja sama untuk menonaktifkan siaran TV analognya seiring dengan penerapan ASO. “Karena ada yang belum mati, kami berharap kerja samanya, dan saya meminta pejabat dan tim di lapangan untuk menyelesaikan dengan baik demi kepentingan layanan bagi masyarakat,” ucap Johnny. 

Baca juga: Kominfo Resmi Hentikan Siaran TV Analog

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *