Thu. Feb 22nd, 2024

Jakarta, CNN Indonesia

Konser NCT 127: 2nd Tour Neo City: Jakarta – The Link di ICE BSD berlangsung dengan sejumlah insiden hingga puncaknya harus dihentikan di penghujung acara. 

Beberapa jam sebelum konser hari pertama digelar pada Jumat (4/11) malam, beredar ancaman teror bom yang menargetkan ICE BSD. Sebuah akun Twitter menggunggah empat foto kertas yang berisi berbagai pesan berisi ancaman teror bom ke lokasi konser.

Advertisements

Dalam salah satu foto, kertas itu bertuliskan pesan yang berisi ‘ICE BSD 4 NOVEMBER 2022 11 ORANG 3 MOBIL TNT DAN TATP SOS’.


Informasi soal teror bom itu langsung ditindaklanjuti aparat kepolisian dengan melakukan penyisiran di lokasi. Penyisiran dilakukan oleh tim penjinak bom (jibom) hingga anjing pelacak atau K9.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan dari hasil penyisiran, dipastikan tidak ditemukan bahan peledak ataupun bom di lokasi konser.

“Jadi tadi sudah dilakukan sama tim jibom dan anjing pelacak ya, tidak ada unsur-unsur yang berkaitan bahan peledak atau bom ya,” kata Zulpan saat dihubungi, Jumat (4/11).

Zulpan juga menegaskan bahwa situasi dan kondisi di ICE BSD aman. Dengan demikian, acara konser boygroup asal Korea Selatan tetap bisa digelar sesuai rencana.

Zulpan juga memastikan situasi di lokasi konser boygroup asal Korea Selatan itu telah aman. Ia pun memastikan konser akan tetap berlangsung sesuai jadwal.

“Jadi situasi dipastikan aman sehingga kepolisian sudah koordinasi dengan pihak penyelenggara kegiatan tetap berlangsung,” ucap Zulpan.

Di sisi lain, Polres Tangerang Selatan juga turut menyelidiki penyebaran ancaman bom yang beredar di media sosial itu. Kata Zulpan, kepolisian telah mengantongi identitas penyebar informasi itu.

Kendati demikian, ia belum mau membeberkan identitas penyebar. Zulpan hanya menyebut bahwa penyebar informasi itu akan segera dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Memang sudah diketahui, cuma kita tidak mau sebutkan dulu yang mem-posting itu,” ujar Zulpan.

“Iya jelas itu (akan diperiksa), nanti akan kita dalami lagi itu karena akibat perbuatannya membuat rasa takut kepada masyarakat,” imbuhnya.

Setelah dipastikan aman para penggemar NCT 127 langsung memenuhi kawasan ICE BSD. Para penggemar mayoritas perempuan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. 

Sepanjang acara, tidak ada gangguan berarti dari segi keamanan. Panitia bekerjasama dengan polisi juga mengantisipasi kepadatan pengunjung dengan menyiapkan banyak pintu darurat.

Konser Dihentikan

Acara yang mestinya jadi momen bahagia ini terpaksa disetop setelah para penggemar saling dorong-dorongan hingga membuat 30 orang pingsan.

Konser dihentikan sekitar pukul 21.20 setelah berjalan dua jam lebih karena para penonton di bagian sektor berdiri depan panggung saling dorong hingga salah satu bagian pagar pembatas roboh. Akibatnya sedikitnya 30 orang pingsan dan beberapa lainnya luka.

Padahal, konser ini tidak melebihi kapasitas. Pihak kepolisian menyebut bahwa tiket konser NCT 127 yang terjual sekitar 8.000 unit dari kapasitas tempat yang mencapai 10.000 orang.

(dis/wis)

[Gambas:Video CNN]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *