Wed. May 29th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Seiring perkembangan zaman, sejumlah gerai minimarket mulai bertebaran di seluruh pelosok Indonesia. Sebagai contoh, mengutip situs resmi Indomaret, gerai yang identik dengan warna biru, merah, dan kuning ini memiliki sebanyak 20.518 gerai pada Agustus 2022. Bersaing dengan Alfamart, Indomaret merupakan salah satu waralaba minimarket tertua di Indonesia sejak 1988.

Berapa Biaya Membuka Gerai Indomaret?

Dikutip dari situs Bisnis.com, estimasi total biaya waralaba atau franchise Indomaret adalah sebesar Rp 394 juta. Biaya ini terdiri dari hak waralaba selama 5 tahun sebesar Rp 36 juta, promosi dan persiapan pembukaan toko sebesar Rp 9,5 juta, biaya renovasi dan tambah daya listrik sebesar Rp 170,5 juta, serta perlengkapan peralatan elektronik dan nonelektronik sebesar Rp 178 juta.

Namun, Bisnis.com menyebut bahwa biaya tersebut diperkirakan belum termasuk biaya sewa gedung ataupun biaya renovasi bangunan. 

Baca: Mengapa Indomaret dan Alfamart Kerap Berdekatan? Ini Jawabannya

Syarat Membuka Gerai Indomaret

Meskipun membutuhkan biaya investasi hingga ratusan juta, tidak dimungkiri bahwa kebutuhan masyarakat akan kehadiran minimarket selalu berkembang. Laporan Bisnis.com juga menyebut bahwa model bisnis ini cenderung menguntungkan asal mampu mendapatkan lokasi strategis.

Dikutip dari situs resmi Indomaret, apabila Anda tertarik untuk membuka bisnis gerai waralaba Indomaret, berikut beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan.

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Menyediakan lokasi usaha dengan luas ideal 120 – 200 meter persegi.
  3. Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket, meliputi:
    1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Persetujuan Bangunan Gedung (PBG);  
    2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
    3. Pengusaha Kena Pajak (PKP);
    4. Izin Lingkungan;
    5. Nomor Induk Berusaha (NIB);
    6. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW); dan 
    7. Izin lain sesuai peraturan.
  4. Menyediakan dana investasi
  5. Memiliki jiwa kewirausahaan dan fokus pada sistem waralaba Indomaret

Tahapan Membuka Gerai Indomaret

Setelah kelima persyaratan tersebut Anda penuhi, situs resmi Indomaret menyampaikan bahwa beberapa tahapan dalam membuka gerai Indomaret adalah sebagai berikut.

  • Presentasi pertama

Agenda pada presentasi pertama adalah penjelasan berupa detail mekanisme kerja sama, besaran investasi, sistem operasional toko, hingga perhitungan keuntungan bulanan. Dalam presentasi ini, pengaju atau calon pengusaha diharapkan membawa seluruh persyaratan administrasi guna memudahkan proses pengecekan.

  • Presentasi Kedua

Presentasi kedua berfokus pada pemaparan hasil survei kelayakan lokasi dan profil serta Rencana Anggaran Belanja dengan merujuk pada besaran nilai investasi. 

Umumnya, presentasi kedua ini akan disertai dengan penandatangan Nota Kesepakatan alias MoU berisikan butir-butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dan pembuka usaha waralaba. 

  • Pembukaan Toko

Apabila seluruh kesepakatan telah ditandatangani, maka pembukaan atau perenovasian toko dapat dilakukan dengan Surat Perjanjian Waralaba selama 5 tahun. 

Terlepas dari mekanisme pembukaan dan perenovasian gedung, Bisnis.com menyebut bahwa calon pengusaha dapat pula melakukan pengalihan kepemilikan gerai Indomaret yang sudah beroperasi atau takeover dengan estimasi biaya mulai dari Rp 700 juta. 

ACHMAD HANIF IMADUDDIN

Baca juga: 2 Bos Indomaret Meninggal pad Oktober 2021 dan 2022, Semuanya karena Kecelakaan

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *