Wed. Jul 24th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengajak para tamu negara G20 mengunjungi Taman Hutan Raya di Bali, Rabu pagi, 16 November 2022. Kunjungan terbatas ini merupakan salah satu agenda pendamping atau side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

Jokowi bersama rombongan tiba di taman hutan bakau itu pukul 8.45 WITA. Tampak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mendampingi. Ada juga menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Saat menyusuri decking floor hutan mangrove itu, ada pemandangan yang tak biasa. Jika Siti Nurbaya jalan mendampingi Jokowi dan Luhut berada di sisi belakang, Basuki justru berada di baris depan bersama fotografer kepresidenan. 

Membawa lensa kamera DSLR dengan lensa tele, Basuki memotret rombongan Jokowi dan kolega-kolega menterinya yang sedang menyusuri hutan mangrove tersebut. Penampilan Basuki juga lebih santai ketimbang menteri-menteri lainnya. 

Ia memakai topi biru yang dikenakan terbalik dan kemeja putih. Dia juga tak sungkan memincing kamera dan membidik beberapa momen sambil sesekali tertawa bersama fotografer. 

Ini bukan pertama kalinya Basuki memotret sendiri acara-acara penting kenegaraan. Dalam beberapa kesempatan, dia terlihat memboyong kamera DSLR-nya. Ketika mengecek lokasi KTT G20 di The Apurva Kempinsky sehari sebelum acara akbar berlangsung, misalnya, dia juga tampak memboyong kameranya itu. Bahkan, dia memotret Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga ikut mengecek lokasi.

“Saya berpose difoto Pak Basuki Hadimuljono di lobby Hotel Apurva Kempinsky Bali,” kata Sri Mulyani. 

Baca Juga: Menu Nusantara Disajikan di Gala Dinner KTT G20: dari Rendang hingga Nasi Tuille

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *