Thu. Jun 13th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Perusahaan penyedia layanan consumer insights, Populix merilis hasil survei seputar rencana masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan liburan akhir tahun berjudul “End of Year Vacation Plan Report 2022”. Hasil survei itu megungkap bahwa ada 87 persen masyarakat Indonesia memiliki rencana berlibur pada akhir tahun.

Dalam survei juga menjelaskan masyarakat banyak yang memilih menggunakan mobil dan pesawat untuk liburan akhir tahun. “Mobil (34 persen) dan pesawat terbang (31 persen) masih menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk berlibur,” ujar Co-Founder dan COO Populix Eileen Kamtawijoyo lewat keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu, 14 Desember 2022.

Baca: Survei: 96 Persen Masyarakat Pilih Liburan Akhir Tahun Dalam Negeri, Bali Favorit

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi pemilihan moda transportasi untuk perjalanan ini. Meliputi jadwal yang fleksibel (52 persen), dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan (49 persen), biaya yang lebih murah (44 persen), dapat membawa barang banyak (41 persen), dan ketepatan waktu (41 persen).

Pembelian tiket melalui aplikasi perjalanan juga sangat diminati, ada 40 persen masyarakat Indonesia. Alasannya karena kemudahan dalam penggunaan aplikasi (68 persen), proses mudah dan cepat (60 persen), serta mendapatkan harga termurah (53 persen). 

“Traveloka (67 persen) dan Tiket.com (31 persen) merupakan dua aplikasi perjalanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk memesan transportasi,” kata Eileen. “Ada juga 39 persen masyarakat melakukan pembelian tiket melalui situs resmi maskapai penerbangan, bus, sewa mobil, kereta api dan sebagainya.”

Selanjutnya: sepertiga masyarakat Indonesia memilih untuk tinggal di hotel bintang 1- 3 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *