Wed. May 29th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat (Bakomstra), Herzaky Mahendra menyebut para konstituen partainya di beberapa daerah menginginkan agar Anies Baswedan berpasangan dengan Agustus Harimurti Yudhoyono atau AHY dalam Pilpres 2024. Herzaky menyebut masukan dari masyarakat mengenai hal ini sangat kuat. 

“Karena (Anies-AHY) dirasa paling mampu memperjuangkan perubahan dan perbaikan untuk negeri ini. Apalagi berdasarkan simulasi pasangan calon dari berbagai survei setahun terakhir ini, menunjukkan Anies-AHY hampir selalu yang tertinggi,” ujar Herzaky dalam keterangannya, Ahad, 25 Desember 2022. 

Baca juga: Deklarasi Capres-Cawapres hingga Koalisi Partai Demokrat Tunggu Keputusan SBY

Selain dari konstituen, Herzaky menyebut para kader partai berlambang mercy itu juga menginginkan agar AHY berlaga di 2024, baik sebagai capres atau cawapres. Herzaky menyebut partainya bakal terus memelajari keinginan dari internal dan eksternal itu sampai menemukan formula terbaik, agar Demokrat bisa meraih kemenangan di Pilpres maupun Pileg 2024. 

“Sementara itu, Demokrat juga terus melakukan konsolidasi di internal. Para kader diminta Ketum AHY untuk terus turun membantu rakyat yang sedang kesusahan. Kita tahu di beberapa daerah sempat terkena bencana gempa dan banjir, yang membutuhkan dukungan dan waktu untuk pemulihan,” kata Herzaky. 

Demokrat Dapat Dukungan Besar dari Pendukung Anies

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC menunjukkan pemilih Anies Baswedan lebih kuat ke Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat dibandingkan dengan partai pengusungnya, Partai NasDem. Dari 28,1 persen pemilih Anies, sebanyak 16 persen mendukung PKS, 14 persen mendukung Demokrat, dan hanya 8 persen yang memilih NasDem.

Partai NasDem, Demokrat, dan PKS tengah menjalin koalisi yang bakal dinamai Koalisi Perubahan. Hingga saat ini, hanya Partai NasDem yang secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024.

 Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas Anies Baswedan Naik, NasDem Turun

M JULNIS FIRMANSYAH 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *