Sun. Feb 25th, 2024

TEMPO.CO, JakartaKoalisi Perubahan yang akan terdiri atas Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS akan bertemu di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin, 30 Januari 2023 malam ini.

Dalam surat undangan yang beredar, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman bakal menginformasikan soal koalisi dan calon presiden partainya. Seperti diketahui, dua partai yang ada dalam koalisi itu sebelumnya telah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres 2024.

Adapun Sohibul baru kembali dari Turki. Ia menyambangi Turki usai mendapatkan arahan dari Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf. 

Advertisements

Baca juga: PKS Sepakat dengan Kriteria Cawapres yang Pernah Disampaikan Anies

Sementara itu, Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut sejumlah elite dari ketiga partai menghadiri acara ini.

Dia menjelaskan, acara malam ini bakal dihadiri oleh utusan Anies Baswedan yakni Sudirman Said, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, serta Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto.

“Rencananya ada konferensi pers terkait Koalisi Perubahan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Mengenai perkembangan terbaru Koalisi Perubahan,” kata Herzaky saat dihubungi, Senin, 30 Januari 2023.

NasDem dan Demokrat Sudah Umumkan Anies Capres 2024

Menyusul Partai NasDem, Partai Demokrat menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai capres 2024. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY secara resmi mengumumkan dukungan partainya kepada Anies untuk maju pada Pemilihan Presiden 2024. 

AHY juga mengajak calon mitra koalisinya untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan.

Menurut AHY, kinerja tim kecil Koalisi Perubahan mendekati tahap final. Dari sejumlah pertemuan tim kecil selama enam bulan itu, AHY menyebut Demokrat sudah cukup memutuskan pilihan penting dan fundamental jelang Pilpres 2024.

AHY mengatakan ketiga partai Koalisi Perubahan sudah satu pandangan untuk mendukung Anies sebagai bakal capres 2024.

“Adapun terkait bacapres, sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024,” kata AHY dalam pernyataan tertulisnya, Rabu, 25 Januari 2023.

Menurut AHY, Anies Baswedan merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan dan juga perbaikan. “Bagi Demokrat, Mas Anies adalah Tokoh Perubahan dan Perbaikan,” ujarnya.

 Baca juga: NasDem Belum Ajak Demokrat Ikut Safari Politik Anies Baswedan, Ini Sebabnya

IMA DINI SHAFIRA | TIKA AYU

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *