Thu. Jun 13th, 2024
Belum diketahui motif kejadiannya sehingga membuat korban melompat ke laut.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE — Seorang penumpang perempuan KM Uki Raya 04 berinisial JMWdiduga terjun ke laut setelah 20 menit KM Uki Raya 04 meninggalkan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara (Malut), menuju Pelabuhan Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

“Kondisi korban membaik setelah dibawa ke Rumah Sakit TNI AD, sementara kronologis kejadian didugakorban mencoba bunuh diri dengan cara melompat ke laut dan saat ini telah disampaikan ke pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan,” kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar dan Patroli, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Miraza dihubungi, Rabu (8/2/2023).

Dia mengatakan, sesuai identitas korban JMW berupa kartu tanda pengenal, korban berjenis kelamin perempuan, merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil bekerja di Kantor Perpajakan di Sulawesi Utara dan berasal dari Kota Manado.

Korban JMW, penumpang kapal motor Uki Raya 04 diduga terjun ke laut sekitar 20 menit setelah kapal meninggalkan pelabuhan AhmadYani di Kota Ternate dalam pelayaran tujuan pelabuhan Manado, Selasa, 7 Februari Sore, sekitar pukul 17.20 Wita.

Penumpang yang lain melihat korban melompat ke laut, tepatnya di perairan antara Pulau Ternate dan Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan langsung melaporkan ke Nakhoda kapal dan selanjutnya dua anak buah kapal (ABK) langsung menyelamatkan korban, dan dievakuasi ke longboat nelayan yang lewat di perairan itu saat kejadian.

Saat itu, pihak KM Uki Raya 04 langsung menghubungi petugas untuk melakukan evakuasi korban ke Pelabuhan AhmadYani dan selanjutnya korban dibawa ke rumah sakit TNI Angkatan Darat setempat untuk mendapatkan pertolongan medis.

Saat ini, kondisi korban membaik, namun belum diketahui motif kejadiannya sehingga membuat korban melompat ke laut, sementara pihak kepolisian masih menyelidiki.

Sementara itu, Polres Ternate, melalui Kapolsek Pelabuhan Ahmad Yani, Iptu Muhammad Yogie membenarkan penumpang berinisial JMW yang nekat menceburkan diri ke laut saat kapal KM Uki Raya O4 bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate menuju Kota Manado.

“Saat ini, kami masih melakukan penyelidikan apakah merupakan percobaan bunuh diri atau ada motif lain yang membuat korban JMW memberanikan diri melompat ke laut saat KM Uki Raya 04 dalam perjalanan dari Ternate ke Pelabuhan Kota Manado,” ujarnya.

sumber : Antara

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *