Wed. Jul 24th, 2024

Sementara itu angin kencang lebih dari 25 knot berpotensi terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan adanya aktivitas Siklon Tropis Freddy di selatan Jawa yang berpotensi memicu hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto di Jakarta, Kamis, mengemukakan siklon tropis Freddy itu memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

“Sementara itu angin kencang lebih dari 25 knot berpotensi terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta,” paparnya.

Ia menambahkan Siklon Tropis Freddy juga berdampak pada tinggi gelombang di perairan Indonesia.

Baca juga: Warga DKI Jakarta diminta waspadai hujan dan angin kencang pada Kamis

Ia mengatakan gelombang tinggi di kisaran 1,25 – 2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Perairan selatan Bali hingga Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, dan Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat.

Untuk gelombang lebih tinggi di kisaran 2,5 – 4 meter berpotensi terjadi di Perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga Bali.

Saat ini Guswanto menyampaikan Siklon Tropis Freddy terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa Timur dengan kecepatan angin maksimum 75 knot dan tekanan udara minimum sebesar 970 mb (milibar) bergerak ke arah Barat.

“Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Freddy meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat menjauhi wilayah Indonesia,” paparnya.

Baca juga: BMKG: Siklon tropis Freddy menjauhi wilayah Indonesia

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *