Thu. Feb 22nd, 2024

TEMPO.CO, Jakarta– Juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra memahami jika masih ada pihak-pihak yang kaget dan tidak percaya dengan terbentuknya Koalisi Perubahan. Selain Demokrat, rencananya koalisi ini juga digawangi oleh Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan menjagokan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Menurut Herzaky pihak tersebut merasa gamang dan khawatir melihat aspirasi dan harapan masyarakat terhadap arus perubahan bisa disalurkan melalui Koalisi Perubahan.

“Apalagi dengan kenyataan bahwa Koalisi Perubahan satu-satunya koalisi yang sudah jelas bacapresnya, yaitu Anies Baswedan,” ujar Herzaky dalam keterangannya, Sabtu, 11 Februari 2023.

Advertisements

Adapun jika melihat pemetaan prediksi koalisi saat ini, kata dia, secara matematis Koalisi Perubahan punya total kursi dukungan di parlemen yang tertinggi mencapai 28 persen. Toh jika ada parpol lain yang hendak bergabung, dia membuka pintu agar Koalisi Perubahan bakal makin kuat dan solid.

Di sisi lain, Herzaky menyebut Koalisi Perubahan jadi satu-satunya koalisi yang punya mesin partai dengan kesiapan menghadapi Pemilu 2024. Koalisi Perubahan disebut Herzaky juga punya dukungan masyarakat akar rumput melalui relawan pendukung Anies.

Dia menjelaskan, ada yang punya mesin partai, namun tak punya dukungan relawan pendukung capres. Ada juga yang punya relawan pendukung capres, namun belum jelas partai mana yang mendukung. Herzaky menyatakan Koalisi Perubahan lah yang sudah punya kombinasi keduanya.

“Jadi, wajarlah kalau semakin banyak isu yang dihembuskan berbagai pihak, berupaya untuk mendegradasi ataupun mendiskreditkan Koalisi Perubahan,” kata dia.

Kendati demikian, ujar Herzaky, sesuai pesan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono, saat ini Demokrat berfokus membangun Koalisi Perubahan agar makin solid. Harapannya, koalisi bersama NasDem dan PKS ini bisa menghadirkan yang terbaik bagi masyarakat.

“Ketum AHY juga menyampaikan kepada kami untuk tidak terganggu dengan hal-hal lain. Bagi beliau, sangat penting Koalisi Perubahan menyiapkan diri dan meyakinkan masyarakat bahwa jika masyarakat ingin perubahan dan perbaikan, Demokrat siap memperjuangkannya bersama rakyat,” ujar dia.

Bacapres Pertama dengan Dukungan Suara yang Cukup

Ketua Tim Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan satu per satu dukungan dari partai politik kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 resmi dilontarkan. Usai Partai NasDem dan Partai Demokrat, PKS akhirnya menyusul dengan menegaskan komitmennya untuk menjadi bagian dari partai pendukung Anies dalam Koalisi Perubahan pada Senin, 30 Januari 2023 lalu.

Said menjelaskan, penegasan komitmen oleh PKS ini menunjukkan bahwa Anies merupakan bakal calon presiden pertama yang mendapatkan dukungan resmi dengan jumlah yang cukup. Artinya, kata dia, bahtera Koalisi Perubahan bersiap untuk segera belajar menuju Pemilihan Presiden 2024.

“Pada hari ini Pak Anies adalah bacapres yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan,” kata Sudirman di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Senin, 30 Januari 2023.

Dia mengatakan pimpinan parpol Koalisi Perubahan bakal bertemu dalam waktu dekat. Mereka dijadwalkan menyusun dan menyepakati piagam koalisi.”Dalam waktunya, Insya Allah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies Baswedan,” ujarnya.

Baca Juga: Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan Kumpul di DPP Demokrat, Ini Materi yang Dibahas

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *