Sun. Feb 25th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Bulan Ramadan banyak dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, di bulan ini banyak sekali keberkahan yang diberikan Allah SWT. Kepada hambanya. Bahkan nikmat rezeki juga mengalir limpah. Bulan Ramadan membuka banyak rezeki bagi umat muslim yang ingin membuka usaha, berikut deretan ide usaha yang bisa Anda buka selama bulan Ramadan:

1. Berjualan Es 

Berbuka puasa memang identik dengan minuman segar dan dingin, berbagai jenis es sering menemani kudapan ringan untuk dinikamati dengan cemilan. Es yang biasa dijual di Bulan Ramahan diantaranya adalah es kolak, es blewah, es teh, es cokelat, es kelapa muda, es dawet dan masih banyak lainnya. Anda yang ingin membuka usaha di bulan puasa ini bisa mencoba menjual aneka minuman es yang segar dan nikmat. 

Advertisements

2. Berjualan Cemilan Takjil

Selain minum es, tak lengkap rasanya bila berbuka puasa tidak ditemani dengan makan takjil. Takjil merupakan istilah untuk menyebut cemilan yang dimakan sebelum makan makanan berat saat berbuka. Beberapa takjil yag biasa ditemui seperti gorengan, setup roti, kurma, dimsum, dan masih banyak lainnya. Berjualan takjil di Bulan Ramadan sangatlah cocok, sebab usaha Anda akan diburu oleh para pencari takjil. 

3. Berjualan Pakaian

Saat menjelang Idul Fitri banyak orang berbuju baju baru, mengapa mereka gemar membeli baju baru di saat tersebut?, yup sebenarnya umat muslim disunahkan untuk menggunakan pakaian terbaik mereka saat merayakan Idul Fitri. Nah ide jualan baju bukanlah ide yang buruk untuk Anda coba di Bulan Ramadhan ini. 

4. Berjualan Makanan Berat 

Berbuka dan Sahur wajib hukumnya untuk meningkatkan energi dan stamina dengan mengonsumsi makanan berat. Mengutip dari upi.edu, makanan berat sendiri adalah jenis makanan yang bisa dikonsumsi sehari baik makanan pokok, sayuran, hingga lauk pauk. Bisnis menu makanan untuk berbuka dan sahur sangat tepat untuk Anda lakukan di Bulan Ramdan, terlebih lagi banyak orang yang mengadakan acara buka bersama atau sahur bersama, sehingga mereka membutuhkan makanan dalam jumlah yang besar. 

5.  Berjualan Kembang Api 

Tak hanya tahun baru, perayaan Idul Fitri juga tidak lengkap rasanya tanpa ada kembang api. Di berbagai daerah petasan biasanya dinyalakan sesaat setelah sholat Idul Fitri. Bisnis kembang api bisa Anda coba untuk menambah pendapatan di Bulan Suci Ramadan. 

MELINDA KUSUMA NINGRUM

Pilihan Editor: Ramadan Segera Tiba, Ini Ketentuan Membayar Hutang Puasa

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram http://tempo.co/. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *