Wed. May 29th, 2024

Agenda-agenda tersebut harus menjadi kerja bersama, partisipasi rakyat dan kerja sama dari berbagai pihak

Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah agenda yang perlu menjadi isu prioritas dalam Forum Air Dunia (WWF) 2024, Bali, yakni upaya konservasi, ketersediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, hingga mitigasi bencana alam berupa banjir dan kekeringan.

“Agenda-agenda tersebut harus menjadi kerja bersama, partisipasi rakyat dan kerja sama dari berbagai pihak. Dialog dan kemitraan antar negara yang dilakukan dalam semangat kebersamaan untuk kesejahteraan rakyat dunia,” kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan secara daring di penyelenggaraan Kick Off Meeting Forum Air Dunia ke-10 di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Luhut: Indonesia fokus usung kerja sama konkret di WWF ke-10 2024

Agenda-agenda prioritas tersebut, kata Jokowi, membutuhkan banyak inovasi, termasuk inovasi dalam pendanaan. Inovasi di aspek finansial tersebut perlu melibatkan pemerintah dan swasta.

Kemudian, kata Jokowi, setiap pemangku kepentingan juga memerlukan inovasi teknologi untuk mengelola kebutuhan konsumsi energi dan pangan, serta komitmen untuk berbagi dan bekerja sama.

Lebih lanju, kata Presiden, saat ini keberlanjutan sumber daya air menjadi isu yang sangat mendesak bagi dunia. Kebutuhan air di dunia meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk, peningkatan produksi pangan dan juga industri.

Sementara itu, ujar Jokowi, ketersediaan air yang berkualitas dan berkelanjutan semakin sulit akibat degradasi lingkungan dan perubahan iklim.

“Pengelolaan sumber daya air secara efisien dan terpadu merupakan agenda yang harus kita kerjakan bersama agar air bisa dikelola dan bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran bersama,” kata dia.

Kepala Negara mengatakan Indonesia sangat senang terpilih menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 di Bali, 2024.

“Saya sangat mengharapkan pertemuan awal menuju The 10th WWF ini dapat menghasilkan agenda-agenda penting yang akan kita tindak lanjuti pada acara puncak WWF ke-10 di Bali 18-24 Mei 2024,” ujarnya.

Forum Air Dunia merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu dan solusi global untuk mengatasi permasalahan terkait air.

Forum Air Dunia Ke-10, yang dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 dengan tema “Water for Shared Prosperity”, bertujuan agar berbagai pemangku kepentingan dari berbagai negara dapat berdiskusi untuk berbagi pengalaman dan inovasi guna merespon berbagai tantangan pengelolaan air secara global.

Baca juga: Forum Air Dunia Ke-10 digelar di Bali tahun 2024

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *