Wed. Jul 24th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menilai perpindahan kader partainya ke Partai Ummat tak menjadi masalah. Dia menyatakan bahwa jumlah kader PAN yang pindah tak banyak. 

“Emang ada kader PAN yang pindah ke Partai Ummat. Tetapi tidak banyak. Tidak bedol desa,” katanya saat dihubungi, Minggu, 5 Maret 2023. 

Viva mengatakan jumlah kader eks PAN yang belok haluan ke Partai Ummat masih dapat dihitung jari. Kendati demikian, Viva menyatakan lebih banyak kader baru yang bergabung dengan partainya.  

“Bisa dihitung dengan jari. Tetapi lebih banyak kader baru yang masuk ke PAN,” sebutnya.

Berbagai kalangan gabung ke PAN

Viva menyampaikan saat ini PAN punya banyak kader baru yang berasal dari berbagai latara belakang. Misalnya kata Viva, dari kalangan purnawirawan TNI, kader parpol, kaum netizen dan golongan profesional lainnya. 

“Antaranya dari artis, pengusaha, akademisi, atau tokoh agama,” beber Viva.

Dia pun menegaskan tak ada anggota fraksi PAN saat ini yang pindah ke partai besutan Amien Rais tersebut. 

“Sampai saat ini tidak ada anggota legislatif PAN yang pindah ke partai Ummat,” kata dia. 

PAN fokus konsolidasi  

Dia pun tak mau memusingkan soal sejumlah kader PAN yang pindah ke Partai Ummat. Dia menyatakan mereka saat ini tengah sibuk mempersiapkan pemilu dengan sejumlah konsolidas, yang mana tegas kalau gerakan PAN adalah inklusifitas. 

“Gerakannya sebagai partai yang inklusif, menghargai nilai kemanusiaan dan kemajemukan,” kata  dia. 

Sehingga menurut Viva, saat ini PAN menjadi partai yang dapat menarik perhatian publik karena banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

“Alhamdulilah PAN sekarang lebih cerah, gembira, diminati oleh masyarakat,” ungkapnya. 

PAN tidak kekurangan kader partai 

Wakil Ketua Umum PAN lainnya, Yandri Susanto mengatakan walaupun ada sejumlah kader PAN yang keluar dari partai dan berlabuh pada partai lain tidak mempengaruhi mobilitas partainya. Hal tersebut lantaran diikuti dengan jumlah kader baru yang masuk PAN. 

“Insya Allah tidak kekurangan kader mana sekarang lebih banyak yang bergabung ke Pan,” kata dia.

Partai Ummat merupakan satu dari 18 partai politik yang lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu 2024. Partai tersebut didirikan oleh salah satu pendiri PAN yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Amien Rais.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *