Sun. Apr 21st, 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – Kerajaan Inggris terus melakukan persiapan untuk acara penobatan Raja Charles III yang akan digelar pada 6 Mei mendatang. Salah satu yang disiapkan pihak Buckingham adalah minyak urapan untuk raja.

Dalam keterangan resmi, minyak suci yang akan digunakan untuk mengurapi Raja Charles III telah ditahbiskan di tempat suci Kristen di Yerusalem. Minyak itu berasal dari buah zaitun yang dipanen dari dua kebun di Bukit Zaitun, di sebelah timur Kota Tua Yerusalem.

“Zaitun dari Biara Maria Magdalena dan Biara Kenaikan diperas tepat di luar Bethlehem, tempat di mana orang Kristen meyakini Yesus dilahirkan,” menurut sebuah pernyataan yang dikutip CNN International, Minggu, (5/3/2023).

Advertisements


Minyak zaitun dari Bukit Zaitun dicampur sebagai bagian dari pembuatan minyak krisma yang akan digunakan untuk mengurapi Raja baru selama penobatannya. (via REUTERS/HANDOUT)Foto: Minyak zaitun dari Bukit Zaitun dicampur dan akan digunakan untuk mengurapi Raja Charles III selama upacara penobatannya. (via REUTERS/HANDOUT)

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, mengatakan ia sejak awal ingin melihat minyak baru yang dihasilkan dari buah zaitun dari Bukit Zaitun. Alasannya karena secara historis acara penobatan pemimpin kerajaan Inggris berkaitan erat dengan sejarah Alkitab.

“Dari raja-raja kuno hingga saat ini, para raja telah diurapi dengan minyak dari tempat suci ini. Saat kami bersiap untuk mengurapi Raja dan Permaisuri, saya berdoa agar mereka dibimbing dan dikuatkan oleh Roh Kudus,” katanya dalam pernyataan itu.

Pada hari penobatan, Uskup Agung Canterbury akan melakukan upacara pengurapan. Tugas ini telah dilakukan kepala gereja itu sejak tahun 1066.

Minyak zaitun dari Bukit Zaitun dicampur sebagai bagian dari pembuatan minyak krisma yang akan digunakan untuk mengurapi Raja baru selama penobatannya. (via REUTERS/HANDOUT)Foto: Minyak zaitun dari Bukit Zaitun dicampur sebagai bagian dari pembuatan minyak yang akan digunakan untuk mengurapi Raja baru selama penobatannya. (via REUTERS/HANDOUT)

Minyak penobatan Charles menggunakan resep yang telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Resep minyak yang sama juga digunakan untuk ibunya, Ratu Elizabeth II, yang diurapi pada tahun 1953. Namun akan ada beberapa perbedaan penting antara minyak untuk Ratu Elizabeth II dan Raja Charles III.

Minyak penobatan mendiang Ratu termasuk ramuan minyak jeruk, mawar, kayu manis, musk, dan ambergris. Ambergris adalah zat yang berasal dari usus ikan paus sperma.

Di sisi lain, ramuan minyak raja terbuat dari minyak wijen, mawar, melati, kayu manis, neroli, benzoin, amber dan bunga jeruk. Ramuan itu tidak menggabungkan unsur hewani.

“Minyak itu juga akan digunakan untuk mengurapi Camilla, Permaisuri,” tambah pernyataan resmi itu.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Israel Ngamuk ke Tetangga RI, Apa yang Terjadi?


(hsy/hsy)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *