Sun. Feb 25th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Otorita Ibu Kota Negara (Otorita IKN) Nusantara Bambang Susantono bersama mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair membahas fokus pengembangan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

“Salah satu fokus IKN untuk membangun dengan lebih memperhatikan dan menjaga lingkungan hidup. IKN memiliki peta jalan untuk reforestasi,” ujar Bambang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 10 Maret 2023.

Bambang menyebutkan, pihaknya juga menjalankan amanat Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membangun dengan tetap menjaga lingkungan secara ketat, termasuk untuk menebang pohon hanya seperlunya saja, serta menjaga harmoni dengan komunitas dan biodiversitas yang sudah ada di sana.

Advertisements

Selain itu, IKN akan mengembangkan potensi investasi dalam jangka pendek dan jangka panjang, antara lain dengan mengembangkan potensi di sektor pendidikan dan kebudayaan.

Bambang menyadari bahwa sektor pendidikan dan kebudayaan memiliki peran penting dalam perkembangan ekonomi. Oleh karena itu, Otorita IKN akan mendorong pengembangan sektor pendidikan di IKN dengan mengundang berbagai institusi pendidikan internasional.

Selain itu, Otorita IKN juga akan mendorong berkembangnya aspek kesenian dan kebudayaan di IKN dengan belajar dari pusat-pusat kebudayaan di Inggris.

“Seni dan budaya adalah elemen penting yang dapat memberikan ‘ruh’ yang menyenangkan dalam sebuah kota, dan oleh karenanya kami sejak awal memulai kerja sama untuk mengembangkan aspek ini, termasuk dengan Inggris melalui Sir Tony Blair,” kata Bambang.

Bambang menerima kunjungan mantan PM Inggris Tony Blair di Kantor Otorita IKN Nusantara Jakarta. Dalam pertemuan itu, Bambang membahas perkembangan pembangunan IKN Nusantara dan sejumlah fokus pengembangannya.

Bambang mengungkapkan bahwa pertemuan ini sejalan dengan semangat IKN Nusantara untuk menjalin kemitraan internasional dalam membangun kota yang nyaman dihuni dan dicintai.

Pilihan Editor: Kepala BPN Panggil Pejabat Administrator Bergaya Hidup Mewah untuk Dimintai Klarifikasi

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *