Thu. Feb 22nd, 2024

Suara.com – Dalam memulai atau mengakhiri segala aktifitas, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu, termasuk saat selesai adzan. Doa setelah adzan merupakan amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam beberapa haditsnya. Oleh karena itu, sebagai muslim yang beriman hendaknya kita selalu mengamalkan doa setelah adzan untuk mendapatkan keutamaannya. 

Adzan sendiri merupakan pemberitahuan bahwa telah memasuki waktu sholat fardhu, seperti Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib atau Isya. Azan akan dikumandangkan oleh seseorang yang disebut dengan muadzin. Adzan berisi tentang pujian dan pengakuan bahwa Allah SWT dan Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya penolong dari kesesatan. 

Advertisements

Dalam sebuah hadits diceritakan bahwa doa yang diamalkan oleh umat Islam ketika selesai adzan diyakini tidak akan tertolak. Di antara waktu adzan dan juga iqomah disebutkan sebagai salah satu waktu terbaik untuk berdoa. 

 “Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR Ahmad). 

Baca Juga: Aturan Kontroversial MbS di Bulan Ramadhan: Dilarang Bawa Anak ke Masjid, Adzan Dibatasi

Doa Setelah Adzan 

Berikut bacaan doa setelah azan yang bisa diamalkan setiap hari untuk mendapatkan keutamaannya: 

Allahumma rabba haadzihid da’watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa’adtahu innaka la tukhliful mi’ad. 

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan.” 

Doa Setelah Adzan Subuh 

Baca Juga: Surat Yasin dan Doa Malam Nisfu Syaban, Baca Sekarang!

Sebenaranya, doa setelah adzan subuh sama dengan doa setelah adzan pada umumnya. Akan tetapi ada sedikit penamabahan lafadz diakhir penutupan Doa tersebut. Adapun doa setelah adzan subuh sebagai berikut: 

Allahumma hadza iqbalu naharika wa idbaru lailika wa ashwatu du’aika faghfir li.” 

Artinya : 

“Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.” 

Doa Setelah Adzan Maghrib 

Tak jauh berbeda dengan doa setelah adzan subuh, d’oa setelah adzan maghrib juga terdapar tambahan bacaan doa. Berikut bacaan doa setelah adzan maghrib: 

Allahumma hadza iqbalu naharika wa idbaru lailika wa ashwatu du’aika faghfir li.” 

Artinya : 

“Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.” 

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan 

Terdapat beberapa keutamaan yang akan didapat umat Islam ketika dia rajin mengamalkan doa setelah azan, berikut ini: 

1. Mendapatkan Syafaat di hari akhir 

Rasulullah SAW menganjurkan ummatnya untuk senantiasa membaca soa setelah adzan. Tentinya hal ini erat kaitannya dengan datangnya syafaat Rasulullah SAW. Sehingga muslim yang rutin membaca doa setelah adzan maka insya Allah dia akan mendapat syafaat atau pertolongan dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir kelak. 

2. Doanya dikabulkan Allah SWT 

Salah satu waktu yang paling mustajab atau waktu yang mudah dikabulkannya sebuah doa adalah diantara adzan dan iqomah. Maka dari itu sebagai umat Islam yang selalu mengamalaknnya, maka dia termasuk golongan dari orang-orang yang doanya mudah sekali dikabulkan oleh Allah SWT. 

3. Menjadi saksi untuk orang yang Adzan 

Bagi setiap muslim yang membaca doa setelah adzan tentu sebelumnya ia sudaj mendengar seseorang yang mengumandangkan adzan. Dari sinilah sudah dipastikan bahwa seseorang yang berdoa setelah adzan ia telsh memperhatikan dan menjadi saksi bahwa orang tersebut adalah muadzin. 

Nah itulah tadi doa setelah adzan yang dianjurkan diamalkan oleh Rasulullah SAW karena memiliki beberapa keutamaan bagi umat Islam.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *