Sun. Apr 21st, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Platform solusi e-procurement B2B berbasis web dan mobile apps, Mbizmarket bersama pemerintah kota dan kabupaten  Jawa Tengah telah menggelar kegiatan dialog tentang praktik terbaik dalam pemanfaatan Toko Daring sebagai metode pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah.  

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala bagian pengadaan barang dan jasa lingkup pemerintah kabupaten dan kota dari Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Demak, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kendal, Kabupaten Klaten, Kabupaten Kudus, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pati, Kabupaten Purwerejo, Kota Magelang, dan Kota Semarang.

Acara dialog yang dilakukan di Puri Asri Hotel & Resort Magelang pada 8 Maret 2023 tersebut juga merupakan ajang saling bertukar informasi kalangan praktisi pejabat pengadaan pemerintah, khususnya terkait pengalaman dalam pemanfaatan Mbizmarket sebagai mitra Toko Daring Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP).

Advertisements

CEO Mbiz Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan menyampaikan, Mbizmarket, selaku penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PPMSE) mitra Toko Daring LKPP, secara terus-menerus melakukan sosialisasi pemanfaatan Toko Daring di berbagai wilayah Indonesia.

“Ini diharapkan akan mempermudah bagian pengadaan barang/jasa dalam melaksanakan pengawasan, evaluasi, pelaporan pelaksanaan pengadaan secara elektronik, serta lebih menjamin akuntabilitas pengadaan,” ujar Ryn Mulyanto, dalam pernyataannya, Rabu (5/4/2023). 

Sebagai mitra Toko Daring LKPP, lanjut dia, Mbizmarket berkomitmen untuk terus berinovasi, terutama dalam memberikan kemudahan pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah dengan mengakomodasi tuntutan perubahan yang terjadi, sesuai kebutuhan terkini, dan bermanfaat bagi bagi semua.

Sebagai mitra resmi dan terdaftar di Toko Daring yang dikelola oleh  LKPP, sejak November 2020 hingga Maret 2023, Mbizmarket pun telah membukukan transaksi lebih dari Rp 1,5 triliun. Pencapaian ini menjadikan Mbizmarket sebagai platform berkontribusi terbesar untuk pengadaan pemerintah daerah melalui Toko Daring.

Mbizmarket secara konsisten menyediakan dan memutakhirkan platform solusi e-procurement-nya yang  berbasis web dan mobile application yang kini telah dimanfaatkan oleh 31 pemerintah provinsi  di Indonesia.

Platform diadakan untuk mendukung pengelolaan pasokan, manajemen penyedia dengan lebih baik, mengontrol transaksi pengadaan yang transparan dan akuntabel, serta untuk mencapai efisiensi, penghematan biaya, serta peningkatan proses pengadaan secara keseluruhan.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Kota Magelang Wahyu Tri Prasetyo menyampaikan pengakuannya bahwa berbicara mengenai e-katalog lokal, proses pengadaan barang/jasa seringkali agak susah. 

“Dengan adanya Mbizmarket ini, saya berharap belanja melalui Toko Daring akan menjadi lebih sederhana. Ini dapat menjadi pilihan bagi rekan-rekan kami di organisasi perangkat daerah (OPD) untuk pengadaan barang/jasa melalui Mbizmarket mitra Toko Daring LKPP,” ujar Wahyu.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bagian PBJ Kabupaten Jepara Hasanudin Hermawan, hadir sebagai narasumber, pun berbagi kiat bagaimana Kabupaten Jepara mengelola pengadaan barang/jasa di daerahnya.

Saat ini pun, Kabupaten Jepara bisa menduduki peringkat pertama transaksi di Toko Daring LKPP  kabupaten/kota se-Tanah Air dengan belanja pengadaan senilai lebih dari Rp 35 miliar.

Menurut Hassanudin,  Kabupaten Jepara telah secara maksimal mengupayakan dan mendorong belanja pengadaan pemerintah melalui marketplace mitra Toko Daring LKPP, di antaranya melalui  sosialisasi kepada para OPD, sosialisasi dan pendampingan ke penyedia, dan  juga membuka coaching clinic bagi para penyedia yang membutuhkan bimbingan dan arahan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *