Tue. Jul 23rd, 2024

TEMPO.CO, JakartaMenteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencapai 76,8 persen. Angka tersebut naik dari sebelumnya 75,9 persen.

“Kalau saya melihat tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Jokowi ini mungkin tertinggi sejak Pak Presiden Jokowi terpilih dari 8 tahun lalu. Tolong dikoreksi kalau omongan saya salah,” ujar dia dalam konferensi pers virtual soal hasil survei LSI pada Ahad, 9 April 2023.

Bahlil menilai angka kepuasan terhadap Jokowi itu luar biasa. Apa lagi survei dilakukan pada 31 Maret – 4 April 2023 atau setelah adanya insiden pembatalan Piala Dunia U-20 oleh FIFA.

Menurut Bahlil, boleh ada masyarakat yang tidak puas dengan pemerintah, karena Indonesia negara demokrasi. “Tapi faktanya berdasarkan data survei, bukan kata Bahlil, 76,8 persen publik menilai bahwa kinerja Presiden Jokowi itu cukup memuaskan,” tutur dia.

Bahlil mengatakan bahwa saat ini Indonesia menghadapi banyak tantangan. Di saat bersamaan mengendalikan pandemi Covid-19, presiden juga harus memulihkan ekonomi pasca pandemi. Ditambah lagi dengan geopolitik global yang tidak menentu, dan harga sembako sempat naik.

Presiden Jokowi, kata Bahlil, kerap turun ke daerah. Saat Ramadhan, Jokowi  datang ke pasar-pasar untuk mengecek harga. Menurut dia, itu menjadi perhatian serius Jokowi dalam melihat kondisi rakyat di tingkat bawah yang berkaitan dengan ekonomi. 

“Dan apresiasi terhadap Jokowi itu sejalan dan berbanding lurus dengan apa yang Jokowi lakukan dalam rangka mengoptimalkan dan memacu kabinetnya untuk mengejar kinerja yang baik,” ucap Bahlil.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparan hasil surveinya menjelaskan masyarakat menilai puas dan sangat puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Trennya selama tiga bulan terakhir tingkat kepuasan kepada Presiden Jokowi itu stabil di angka 75-78 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, konsisten mengalami penguatan.

Selanjutnya: Tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi merata …

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *