Tue. Jul 23rd, 2024

Jakarta, CNN Indonesia

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat masyarakat mengaku puas terhadap kinerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan meskipun survei dilakukan setelah Piala Dunia U-20 resmi batal di Indonesia, kepuasan masyarakat tetap tidak menurun.

“Kinerja Presiden dinilai positif oleh 76,8 persen menurut survei ini. Masyarakat menilai puas dan sangat puas dengan kinerja Presiden,” kata Djayadi saat menyampaikan hasil survei tersebut, Minggu (9/4).


Djayadi mengatakan tren kepuasan selama tiga bulan terakhir juga cukup stabil. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode bulan yang sama, kepuasan masyarakat saat ini konsisten mengalami peningkatan.

Ia menjelaskan kepuasan masyarakat ini merata di berbagai bidang. Namun, kata Djayadi, sebagian masyarakat masih menilai kondisi ekonomi Indonesia berada di level negatif.

Djayadi menyebut hanya 26,3 persen masyarakat menilai positif; 36,7 persen menilai negatif; dan 34,8 persen menilai sedang.

Di sisi lain, untuk aspek penegakan hukum, menariknya sebanyak 34,4 persen masyarakat menilai positif. Sementara itu, sebanyak 28,5 yang menyatakan kondisi penegakan hukum buruk.

Survei dilakukan terhadap 1.229 responden warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah pada 31 Maret-4 April 2023.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) yang merupakan teknik memilih sampel melalui nomor telepon secara acak.

Sedangkan margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

(tst/fra)

[Gambas:Video CNN]

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *