Thu. Feb 22nd, 2024

Advertisements

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN), termasuk calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2024. Seperti apa rinciannya?

Jokowi mengatakan total jumlah ASN yang akan direkrut pada 2024 mencapai 2,3 juta formasi. Ia menyebut, ASN kini disiapkan untuk menghadapi disrupsi teknologi yang semakin pesat. 

“Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu,” ujar Jokowi dalam keterangan resmi pada Jumat malam, 5 Januari 2024.

Jokowi menuturkan, penguatan sumber daya manusia yang terampil ini juga untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), serta mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi alias Menpan RB Abdullah Azwar Anas menjelaskan rincian CASN 2024.

“Tahun ini, pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi, baik untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya,” tuturnya.

Azwar Anas merincikan, formasi kebutuhan instansi pusat adalah 429.183. Ini terdiri dari 207.247 CPNS dan 221.936 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Formasi tersebut adalah gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Selanjutnya: Sedangkan formasi instansi daerah sebesar….

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *