Thu. Jun 13th, 2024

TEMPO.CO, Jakarta – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ganjar Pranowo memastikan akan ada perbaikan dan rekonstruksi kader di tingkat Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PDIP. Menurut Ganjar, banyak anggota legislatif baru yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) terlebih dahulu, sesuai arahan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Banyak nanti caleg-caleg yang jadi anggota dewan baru, dan saya kira Bu Mega konsen betul agar mereka dimasukkan dalam Diklat terlebih dahulu,” ujar Ganjar, saat ditemui usai Rakernas V PDIP di Ancol, Jakarta Pusat, pada Ahad, 26 Mei 2024.

Ganjar, juga menyinggung kehadiran mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Andika Perkasa, dalam pembukaan Rakernas PDIP pada Jumat, 24 Mei 2024 lalu. Megawati bahkan sempat meminta Andika untuk mengikuti diklat partai.

“Kemarin ketika Pak Andika menggunakan baju merah kayak seperti saya ini, langsung disampaikan ‘Dik tapi kamu juga harus jadi kader, dan syaratnya kader adalah melalui diklat dulu,” ucap Ganjar sambil menirukan ucapan Mega.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu lalu menekankan pentingnya proses diklat bagi kader partai untuk menanamkan prinsip-prinsip partai. Proses ini diharapkan melahirkan kader yang baik dan memiliki basis ideologis yang kuat.

“Sehingga kelak kemudian hari mereka mendapatkan penugasan partai, mereka akan betul-betul punya platform yang kuat,” ujar Ganjar.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan mantan Panglima TNI Andika Perkasa sebagai kader partai banteng. Pengumuman ini disampaikan dalam Rakernas PDIP yang digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat, 24 Mei 2024.

Scroll Untuk Melanjutkan

Andika tampak mengenakan seragam PDIP saat disapa Megawati dalam sambutannya. Kehadirannya disambut riuh oleh hampir 5.000 anggota partai dan tamu undangan yang hadir. Megawati sempat menggoda Andika dengan menyebutnya memiliki banyak penggemar

“Kamu jangan loyo loh, eh Pak Andika ini dia nya kesemsem PDIP loh. Sekarang dia KTA- nya PDIP loh, asal jangan mbalelo aja kapan-kapan ya,” ujar Megawati.

Andika Perkasa adalah purnawirawan TNI yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI pada periode 2021-2022. Namanya sempat disebut-sebut masuk dalam bursa Pilkada DKI, namun PDIP akan memutuskan hal ini usai Rakernas.

Pilihan Editor: Ada Kader dan non Kader, Ini 6 Sosok yang Masuk Bursa Pilkada Jakarta dari PDIP

DANIEL A. FAJRI

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *